PERDAGANGAN LUAR NEGERI
13.2 Perkembangan Ekspor Indonesia
Pengutamaan Ekspor bagi Indonesia sudah digalakkan
sejak tahun 1983. Sejak saat itu, ekspor menjadi perhatian dalam memacu
pertumbuhan ekonomi seiring dengan berubahnya strategi industrialisasi-dari
penekanan pada industri substitusi impor ke industri promosi ekspor. Konsumen
dalam negeri membeli barang impor atau konsumen luar negeri membeli barang
domestik, menjadi sesuatu yang sangat lazim. Persaingan sangat tajam antar
berbagai produk. Selain harga, kualitas atau mutu barang menjadi faktor penentu
daya saing suatu produk.
Namun ada saja yang menjadi problema
ekspor di Indonesia, Barang-barang yang diperdagangkan ke luar negeri atau
di ekspor terdiri dari bermacam-macam jenis hasil bumi disamping hasil tambang
dan hasil laut dan lainnya. Kita mengetahui bahwa masalah ekspor itu bukanlah
persoalan yang berdiri sendiri, tetapi hanyalah sebagai ujung dari suatu
kegiatan ekonomi yang menyangkut bidang yang amat luas, atau paling banyak
dapat dikatakan hanya sebagai salah satu dari satu mata rantai akitifitas
perekonomian pada umumnya.
Reference:
Liputan6. Selamat Peringkat Daya Saing RI Naik Tertinggi Di Dunia. http://bisnis.liputan6.com/read/683152/selamat-peringkat-daya-saing-ri-naik-tertinggi-di-dunia, diakses pada tanggal 15 April 2015
Adie. 2010. Makalah Ekspor Impor Indonesia. http://adie-wongindonesia.blogspot.com/2010/03/makalah-ekspor-impor-indonesia.html, diakses pada tanggal 15 April 2015
Pramata, Fahri. 2012. Perkembangan Ekspor Impor di Indonesia. http://pratamafahri.blogspot.com/2012/04/perkembangan-ekspor-impor-di-indonesia.html, diakses pada tanggal 15 April 2015
0 komentar:
Posting Komentar