USAHA KECIL DAN MENENGAH
12.4 Ekspor
Selain kontribusinya terhadap pertumbuhan kesempatan kerja dan sebagai
salah satu sumber penting pendapatan, UKM di Indonesia juga sangat diharapkan
karena memang mempunyai potensi besar sebagai salah satu sumber penting
perkembangan (diversifikasi) dan pertumbuhan X, khususnya X manufaktur.
Kemampuan UKM Indonesia untuk merealisasikan potensi X-nya ditentukan oleh
suatu kombinasi dari sejumlah faktor-faktor keunggulan relatif yang dimiliki
UKM Indonesia atas pesaing-pesaingnya, baik dari dalam maupun luar negeri.
Dalam konteks ekonomi/ perdagangan internasional, pengertian dari keunggulan
relatif dapat didekati dengan keunggulan komperatif . keunggulan komporatif
yang dimiliki Uk Indonesia terutama sifatnya yang padat karya (dan Indonesia
memiliki jumlah L yang besar), keterampilan “Tradisional“ yang dimiliki pengusaha
kecil (dan pekerja-pekerja) dalam mambuat produk terutama barang-barang
kerajinan (yang merupakan keterampilan masyarakat yang sudah dimiliki lama dari
generasi ke generasi), dan bahan baku yang berlimpah (khususnya produk berbasis
pertanian). Sayangnya Uk di Indonesia relatif masih lemah terutama dalam SDM di
banding manajemen, pemasaran, proses produksi yang modern atau lebih maju
(diluar produksi secara tradisional), inovasi dan penguasaan teknologi.
Reference:
Admiraal, P.H., (ed), 1996. Small Business in
the Modern Economy, Blackwell – Oxford.
Athukorala, P., 2002. Survey of recent development, Bulletin of
Indonesian
Economic
Studies, vol. 38, no. 2, August 2002.
Badan Pusat Statistik, 1999. Sensus Ekonomi 1996: Hasil Pencacahan
Lengkap
Indonesia, BPS, Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar